LeBron James Gemilang, AS Lindas Lithuania

Editor Bolanet | 5 Agustus 2012, 04:30
LeBron James gemilang di Olimpiade 2012. (c) AFP
LeBron James gemilang di Olimpiade 2012. (c) AFP
- LeBron James menjawab tantangan Olimpiade terberat tim Amerika Serikat. Ia membakar semangat rekan-rekan setimnya pada reli di akhir pertandingan dan membuat 'The Dream Team' unggul 99-94 atas Lithuania.


Kemenangan Sabtu (4/8) itu sekaligus memastikan langkah mereka ke perempat final. James menyarangkan sembilan dari 20 poin dia saat AS melaju 12-2 pada kuarter keempat. Ia menjadi tulang punggung tim bernilai puluhan juta dolar itu seperti yang dilakukannya saat memimpin Miami Heat menjadi juara NBA pada final Juni silam.


"Ia menguasai permainan ini. Ia luar biasa," kata pelatih AS, Mike Krzyzewski. "Ia benar-benar melakukan permainan yang dibutuhkan pada tiga menit terakhir. Untuk melihat ia merespon seperti adalah hal positif nyata dari pertandingan ini," imbuhnya


Hanya dua malam setelah mencatatkan rekor Olimpiade dengan mencetak 156 poin saat mengalahkan Nigeria, Amerika harus berjuang keras menghadapi Lithuania yang bertekad merebut medali. "Kami perlu bertahan setelah pertandingan bersejarah itu, dan kemudian menembakkan bola," kata James. "Lithuania memberi pertandingan bagus pada kami."


Carmelo Anthony juga mencetak 20 poin, sedangkan Kevin Durant menambah 16 poin, saat tim AS mencatatkan angka menang kalah 58-1. Ini hasil positif sejak perubahan program menyusul hasil medali perunggu saja pada Olimpiade 2004.


Linas Kleiza, pengatur permainan NBA yang bermain untuk Toronto, mencetak 25 poin untuk memimpin perolehan poin Lithuania. Darius Songaila memasukkan tembakan untuk membuat Lithuania unggul 87-86 sebelum James membalas, melepaskan tembakan tiga angka dan menutupnya dengan lay up pada detik-detik terakhir.


"Ia mendapat ritme bagus, sehingga kami dapat terus melempar kepada dia," kata guard AS, Kobe Bryant. "Ia memiliki ketidaksesuaian yang lengkap pada dirinya, dan ia tetap menyerang, masuk ke area bawah ring basket, dan melepaskan tembakan."


Ketika ditanyai apakah waktu latihan yang terbatas adalah faktor yang menyulitkan AS, sang pelatih menegaskan kompetisi NBA yang berlangsung selama enam bulan telah memberi dampak pada James, dan sesama finalis, Durant, Russel Westbrook, dan James Harden.


"Terdapat harga fisik dan mental yang harus anda bayar untuk itu," ucapnya. "Kami berusaha memacu mereka dan memastikan mereka siap untuk melakukan sprint pada pekan depan."  (afp/row)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR