BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Jadwal Final NBA 2019: Pertemuan Fenomenal Warriors dan Raptors

29-05-2019 09:45 | Anindhya Danartikanya

Stephen Curry dan Kawhi Leonard (c) AP Photo Stephen Curry dan Kawhi Leonard (c) AP Photo

Bola.net - Laga perdana Final NBA 2018-2019 antara Golden State Warriors dan Toronto Raptors akan digelar pada Jumat (31/5) pagi WIB. Warriors dipastikan menuju final usai melibas bersih Portland Trail Blazers dengan 4-0 di Final Wilayah Barat, sementara Raptors menyusul usai menggasak Milwaukee Bucks dengan 4-2 di Final Wilayah Timur.

Dengan begitu, Warriors pun tampil di final untuk lima kali beruntun sejak 2015, dan sejak itu hanya pernah kalah sekali, yakni dari Cleveland Cavaliers pada 2016 lalu. Mereka pun menyamai rekor Boston, yang turun di final pada 157-1966.

Mereka juga berpeluang jadi tim pertama yang memenangi tiga gelar beruntun sejak Lakers pada 2000-2002, dan jika berhasil, mereka juga akan sukses meraih gelar NBA ketujuh dan melewati rekor Chicago (6), serta jadi tim ketiga dengan gelar terbanyak di belakang Boston (17) dan Lakers (16).

1 dari 3 halaman

Stephen Curry vs Kawhi Leonard

Di sisi lain, ini justru menjadi penampilan perdana Raptors di final. Mereka juga tercatat sebagai finalis NBA pertama dari luar Amerika Serikat, mengingat mereka bermarkas di Kanada. Pertemuan Warriors dan Raptors ini juga membuat bintang masing-masing, Stephen Curry dan Kawhi Leonard menjadi sorotan.

Dalam sejarah NBA, hanya ada empat pemain yang mampu meraih poin lebih banyak dari Leonard di babak playoff sebelum final: LeBron James, Hakeem Olajuwon, Michael Jordan, dan Kevin Durant. Mengingat Durant absen akibat cedera betis, Curry pun mencetak rerata 35.8 poin dalam lima laga, yang semuanya dimenangkan Warriors.

2 dari 3 halaman

Kevin Durant Bisa Rebut MVP Lagi

Di sisi lain, jika Durant kembali dari cedera betis, maka ia akan kembali melakukan pertemuan fenomenal dengan Leonard. Pertemuan mereka di babak playoff hanya berlangsung singkat usai Leonard mengalami cedera engkel pada Game 1 Final Wilayah Barat saat masih membela Spurs. Meski hanya bertemu sekali, pertemuan kala itu memunculkan perdebatan siapa free agent terbaik di antara Leonard dan Durant selama musim panas.

Selain itu, jika Durant bisa kembali berlaga dan memiliki performa dengan level tinggi, maka ia berpeluang untuk merebut gelar MVP Final NBA untuk ketiga kali secara beruntun. Satu-satunya pemain yang mampu meraih gelar MVP Final tiga kali beruntun hanyalah Michael Jordan (dua kali) dan Shaquille O'Neal.

3 dari 3 halaman

Jadwal Final NBA 2018-2019

  • Game 1: Warriors vs Raptors - Jumat, 31 Mei - 08.00 WIB
  • Game 2: Warriors vs Raptors - Senin, 3 Juni - 07.00 WIB
  • Game 3: Raptors vs Warriors - Kamis, 5 Juni - 08.00 WIB
  • Game 4: Raptors vs Warriors - Sabtu, 7 Juni - 08.00 WIB
  • Game 5: Warriors vs Raptors - Selasa, 11 Juni - 08.00 WIB*
  • Game 6: Raptors vs Warriors - Jumat, 14 Juni - 08.00 WIB*
  • Game 7: Warriors vs Raptors - Senin, 17 Juni - 07.00 WIB*

*) jika diperlukan

Pertandingan Sepak Bola Terhenti Karena Asap Kebakaran

KOMENTAR