BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Deretan Rekor Kobe Bryant di NBA yang Bakal Sulit Dipecahkan

29-01-2020 09:50 | Anindhya Danartikanya

Kobe Bryant (c) AP Photo Kobe Bryant (c) AP Photo

Bola.net - Legenda basket dunia, Kobe Bryant, meninggal dunia usai mengalami kecelakaan helikopter di Calabasas, California, pada Minggu (27/1/2020) pagi waktu setempat. Dalam insiden itu, delapan penumpang lain, termasuk putri kedua Bryant, Gianna, juga meninggal dunia.

Kepergian Bryant mengejutkan hampir seluruh atlet dunia dari berbagai cabang. Mulai dari bintang sepak bola, Cristiano Ronaldo, sampai pada rider MotoGP, Marc Marquez, turut mengucapkan belasungkawa. Bahkan, LeBron James, sangat terpukul atas kepergian Bryant. Ia tertangkap kamera menangisi wafatnya Kobe.

Wajar jika dunia begitu terguncang dengan mangkatnya lima kali juara NBA dan peraih dua emas Olimpiade tersebut, karena Bryant tampil menakjubkan sepanjang 20 musim di NBA. Ia bahkan mencatatkan sederet rekor yang sulit dipecahkan.

Eks bintang Los Angeles Lakers itu diketahui mencatatkan rekor tak biasa sepanjang kariernya sebagai atlet NBA. Melansir dari Bola.com, berikut lima rekor Bryant yang sulit dipecahkan di era modern.

1 dari 5 halaman

Debut di Usia Muda

Bryant baru berusia 18 tahun dan 158 hari ketika menjalani debutnya di NBA pada tahun 1997 lalu. Saat itu Bryant turut membawa Lakers menang dengan skor 102-83 atas Dallas Maverick dengan mencetak 12 poin.

Bryant juga menjadi pemain termuda yang tampil di All-Star Games pada tahun 1998. Saat itu, Kobe yang masih berusia 19 tahun dan 170 hari mendapat kehormatan satu lapangan dengan sejumlah bintang NBA, seperti Shaquille O'Neal, Gary Payton, dan Tim Duncan.

Atas prestasinya itu, Bryant jadi langganan pemenang penghargaan pemain terbaik (MVP) Final NBA (2009, 2010), MVP NBA (2008), serta 18 kali masuk NBA All-Star (1998, 2000-2016), dan MVP NBA All-Star (2002, 2007, 2009, 2011).

2 dari 5 halaman

Waktu Bermain Terbanyak

Bryant menjadi pemain NBA yang berhasil mencatatkan waktu bermain terbanyak. Bryant telah berkarier selama 20 musim di Lakers dan mengantongi 48.637 menit bermain.

Torehan waktu tersebut masih menjadi menit bermain terbanyak dalam sejarah NBA. Bahkan, legenda NBA lainnya, Kareem Abdul-Jabbar, hanya mencatatkan 37.492 menit selama 14 tahun berkarier di NBA.

Bryant juga menorehkan catatan gemilang sepanjang kariernya di Lakers. Ia membuat 33.643 poin dengan 8.378 lemparan bebas. Angka yang luar biasa dan bakal sulit ditandingi atlet NBA lainnya di era ini.

3 dari 5 halaman

Catatan Pemain Muda dengan Poin Sempurna

Bryant menjadi pemain termuda yang berhasil mencatatkan 33.000 poin untuk timnya. Catatan itu ditorehkan Bryant kala usianya telah menginjak 37 tahun.

Sampai saat ini catatan tersebut belum tertandingi. Namun belum tertandingi bukan berarti tidak akan dipecahkan. Pemain Phoenix Sun, Devin Booker, atau Luka Doncic yang bermain untuk Mavericks bisa memecah rekor Bryant tersebut mengingat usia keduanya masih 20 tahunan.

Meski demikian, dua pemain NBA itu harus bekerja ekstra keras untuk bisa menyamai rekor seniornya itu. Meski sulit tapi tidak ada yang tidak mungkin bukan?

4 dari 5 halaman

Ribuan Usaha Lemparan Tiga Angka

Tak dipungkiri, Bryant kerap menjadi penyelamat Lakers di detik-detik akhir pertandingan alias clutch shot. Penyelamatan yang dilakukan sebagian besar datang melalui lemparan tiga angka.

Berbicara soal lemparan tiga angka, Bryant juga mencatatkan torehan yang luar biasa. Ia melakukan 5.546 usaha lemparan tiga angka sepanjang kariernya.

Usaha tersebut bahkan jauh mengungguli Derek Fisher yang hanya mencatatkan 2.255 lemparan tiga angka sepanjang karier NBA nya.

5 dari 5 halaman

Rekor Pemain Tertua

Bryant resmi pensiun dari dunia basket pada tahun 2016 lalu. Bryant menjalani laga terakhirnya bersama Lakers kontra Utah Jazz pada 2016.

Menariknya, Bryant masih sempat mencetak rekor pada pertandingan itu. Bryant berhasil mencetak 60 poin kala melawan Jazz.

Itu berarti, Bryant menjadi pemain tertua dalam sejarah yang berhasil mencetak skor itu dalam satu pertandingan. Saat itu, Bryant telah berusia 38 tahun.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Hesti Puji Lestari/Editor: Erwin Fitriansyah/Dipublikasi: 28 Januari 2020

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland