Bekuk Lebanon dengan Selisih 2 Poin, Australia Juarai FIBA Asia Cup 2022

Anindhya Danartikanya | 25 Juli 2022, 09:00
Australia menjuarai FIBA Asia Cup 2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Australia menjuarai FIBA Asia Cup 2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Timnas basket Australia sukses menjuarai FIBA Asia Cup 2022 usai menang atas Lebanon dalam babak final yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (24/7/2022) malam WIB. Dengan begitu, Australia berhasil mempertahankan gelar juaranya.

Boomers, julukan Australia, merebut mahkota juara usai membekuk Lebanon dengan skor 75-73 lewat laga yang menegangkan. Peringkat ketiga pun ditempati oleh Selandia Baru yang mengalahkan Yordania 83-75.

Australia menjadi negara keempat yang memenangkan dua gelar FIBA Asia Cup secara beruntun setelah Filipina, China, dan Iran. Hebatnya, Australia belum pernah kalah sejak pertama kali berpartisipasi pada FIBA Asia Cup 2017.

Sementara itu, Lebanon kembali harus puas sebagai runner up FIBA Asia Cup 2022. Ini merupakan keempat kalinya Lebanon finis sebagai runner-up dalam empat kesempatan berlaga di final.

1 dari 3 halaman

Telah Berjuang Keras

Para penerima penghargaan All Star FIBA Asia Cup 2022. (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Para penerima penghargaan All Star FIBA Asia Cup 2022. (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Meskipun kalah, pemain Lebanon, Wael Arakji terpilih sebagai MVP FIBA Asia Cup 2022. Ia mengatakan, timnya telah berjuang keras menghadapi Australia yang merupakan salah satu tim tangguh dunia.

Sebagai tim dari negara kecil yang kerap dilanda masalah, ia mengatakan timnya berjuang dan berhasil mencapai final meskipun akhirnya kalah.

"Terima kasih kepada orang Jakarta, orang Indonesia yang mendukung kami. Kami mencintai kalian. Semoga kita bisa bertemu di Piala Dunia," kata Wael Arakji selepas pertandingan, seperti dikutip dari rilis Perbasi.

2 dari 3 halaman

Siap Kembali Berprestasi

Pebasket Australia di FIBA Asia Cup 2022, Tyrese Proctor (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Pebasket Australia di FIBA Asia Cup 2022, Tyrese Proctor (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengapresiasi kerja keras panitia pelaksana dan PP Perbasi yang sukses menyelenggarakan FIBA Asia Cup 2022. Ia juga berterima kasih atas dukungan Erick Thohir sebagai FIBA Board Member yang membantu kesuksesan penyelenggaraan.

"Pemerintah mengapresiasi upaya komunitas basket kita yang membuat kita berada di posisi 10 FIBA Asia Cup yang belum pernah kita rasakan," kata Menpora.

Erick mengatakan, di bola basket Indonesia sudah bisa bicara di level Asia Tenggara. Setelah juara SEA Games Vietnam, Erick yakin Perbasi akan mempersiapkan tim terbaik untuk bisa kembali berprestasi di SEA Games.

3 dari 3 halaman

Apresisasi untuk Indonesia

Dua pebasket Australia di FIBA Asia Cup 2022, Rhys Anthony Vague dan Wani Lodu Swaka Lo Buluk (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Dua pebasket Australia di FIBA Asia Cup 2022, Rhys Anthony Vague dan Wani Lodu Swaka Lo Buluk (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

"Saya tadi juga mendapatkan apreasiasi luar biasa dari seluruh FIBA disampaikan kepada Pak Menpora, kepada Ketua Perbasi, ini adalah penyelenggaraan kejuaraan FIBA Asia Cup terbaik yang pernah mereka rasakan," kata Erick.

"Tidak hanya kesiapan panitia, tapi juga kesiapan fasilitas. Mereka yakin Indonesia bisa mempersiapkan dengan baik Piala Dunia tahun depan. Mereka benar-benar mendorong perkembangan bola basket Indonesia ke depan," lanjut Erick.

FIBA Executive Director Asia Hagop Khajirian juga ikut memuji pelaksanaan FIBA Asia Cup 2022. "Istimewa. Final yang fantastis dengan pertandingan luar biasa dan penonton yang menakjubkan mendukung kedua tim, meskipun yang bermain bukan tuan rumah," kata Hagop.

Disadur dari: Bolacom (Yus Mei Sawitri) | Dipublikasi: 25 Juli 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR