Termasuk Arsene Wenger, Ini Deretan Penerima Penghargaan Manager of The Year dalam Sejarah J1 League

Asad Arifin | 18 September 2022, 13:21
Arsene Wenger (c) Bola.net
Arsene Wenger (c) Bola.net

Bola.net - Sudah ada banyak pelatih yang pernah merasakan ketatnya persaingan di J1 League. Kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Jepang itu telah bergulir sejak 1993.

Selama itu pula, ada beberapa nama pelatih yang bersinar. Hal itu bisa dilihat dari penghargaan yang diberikan J.League lewat gelaran J.League Awards yang diselenggarakan tiap tahun.

Sejak 1993, J.League sudah memberikan gelar kepada pelatih terbaik lewat penghargaan Manager of the Year. Biasanya, pemenangnya adalah juru taktik yang bisa membawa timnya juara, meski tak selalu demikian.

Pada 2017, J.League membuat penghargaan baru bernama Manager of the J.League Champion untuk pelatih yang membawa timnya juara. Penghargaan ini dibuat untuk membedakan dengan pelatih yang mendapatkan gelar Manager of the Year.

Hampir tiga dekade berjalan, ada 21 pelatih yang pernah mendapatkan gelar ini. Satu di antaranya yaitu Arsene Wenger.

Pelatih berkebangsaan Prancis itu mendapatkan gelar Manager of the Year di J1 League saat menukangi Nagoya Grampus. Ia mengarsiteki tim tersebut selama satu musim pada 1995-1996, sebelum hijrah ke Arsenal.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1 halaman

Deretan Penerima Penghargaan

  • 3 Gelar: Hajime Moriyasu, Oswaldo de Oliveira
  • 2 Gelar: Takeshi Okada, Masakazu Suzuki, Yasutaro Matsuki, Akira Nishino
  • 1 Gelar: Arsene Wenger, Nicancor, Joao Carlos, Osvaldo Ardiles, Steve Perryman, Guido Buchwald, Dragan Stojkovic, Nelsinho Baptista, Kenta Hasegawa, Masatada Ishii, Yoon Jong-hwan, Mihailo Petrovid, Tomohiro Katanosaka, Tsuneyasu Miyamoto, Ricardo Rodriguez

(Bola.net/Fitri Apriani)

TAG TERKAIT

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR