Tampil Impresif, Kontrak Lionel Scaloni sebagai Pelatih Argentina Diperpanjang Sampai 2026

Abdi Rafi Akmal | 28 September 2022, 11:40
Lionel Scaloni saat melatih timnas Argentina (c) Fox Sport
Lionel Scaloni saat melatih timnas Argentina (c) Fox Sport

Bola.net - Lionel Scaloni dihadiahkan kontrak baru dari Federasi Sepak Bola Argentina. Kontrak baru itu akan membuat Scaloni tetap jadi juru taktik La Albiceleste sampai Piala Dunia 2026.

“Saya dengan bangga mengumumkan bahwa kami mencapai kesepakan dengan Scaloni untuk kontrak barunya sampai Piala Dunia 2026,” ujar Presiden Federasi Sepak Bola Argentina Chiqui Tapia di laman AP Sport.

Di tangan Scaloni, Argentina jadi tim yang solid menyambut Piala Dunia 2022. Berbekal pemain-pemain bintang, sekaligus Lionel Messi di dalam tim, laju Argentina tidak terbendung.

Buktinya saja dalam dua laga internasional terakhir, Argentina berhasil menang meyakinkan. Argentina menang 3-0 atas Honduras di pertandingan pertama, kemudian menang 3-0 lagi atas Jamaika.

1 dari 3 halaman

Prestasi Scaloni

Momen Lionel Messi dan Argentina mengangkat trofi Finalissima 2022 (c) UEFA

Momen Lionel Messi dan Argentina mengangkat trofi Finalissima 2022 (c) UEFA

Penunjukan Scaloni dan perpanjangan kontraknya ini tidak lepas dari prestasi yang sudah diraih Argentina. Dari 49 pertandingan yang sudah dijalani, Argentina hanya kalah empat kali selama diasuh Scaloni.

Catatan tersebut semakin impresif jika dilihat dari 35 laga terakhir. Selama rentang pertandingan tersebut, Argentina belum tersentuh kekalahan. Argentina terakhir kalah dari Brasil di semifinal Copa America 2019.

Selain itu, Scaloni juga berhasil mempersembahkan dua trofi bagi Argentina. Trofi pertama adalah Copa America 2021 dengan mengalahkan Brasil dan trofi kedua adalah Finalissima 2022 dengan mengalahkan Italia.

2 dari 3 halaman

Jalan Empat Tahun

Pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni (c) AP Photo

Pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni (c) AP Photo

Scaloni pertama kali dibebani tanggung jawab jadi pelatih Argentina pada tahun 2018 silam. Itu berarti saat ini sudah memasuki tahun keempatnya.

Scaloni ditunjuk menggantikan Jorge Sampaoli yang hanya bisa mengantarkan Argentina sampai babak 16 besar Piala Dunia 2018. Ia ditunjuk tanggal 2 Agustus 2018 dan melakoni debut di tanggal 8 September 2018.

Dengan pembaharuan kontrak, Scaloni bisa memperpanjang baktinya dua kali lipat. Jika tidak dipecat sebelum waktunya, pelatih berusia 44 tahun ini bisa menjabat di Argentina sampai delapan tahun lamanya.

3 dari 3 halaman

Bukan Orang Baru

Pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni (c) AP Photo

Pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni (c) AP Photo

Scaloni sendiri bukan orang baru di tubuh Argentina. Sebelum mulai menjejakkan kaki di kursi kepelatihan, Scaloni sudah punya peran lain sebelumnya.

Ia pertama kali memasuki timnas Argentina di tahun 2017. Scaloni ditunjuk jadi asisten pelatih selama kurang lebih 11 bulan.

Selanjutnya, Scaloni sempat didaulat jadi pelatih timnas Argentina U20. Belum habis tanggung jawabnya di sana, ia langsung diangkat jadi pelatih kepala di tim senior.

Sumber: AP Sport

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR