BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Klub-klub Brasil Sepakat Minta Chapecoense Bebas Degradasi

30-11-2016 20:53 | Dimas Ardi Prasetya

Chapecoense (c) AFP Chapecoense (c) AFP

Bola.net - Klub-klub di Brasil meminta federasi sepakbola di negara tersebut agar memberikan sejumlah keringanan pada Chapecoense, di antaranya agar membebaskan klub itu dari jerat degradasi selama tiga tahun.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pesawat tim Chapecoense yakni LaMia penerbangan 2933 jatuh di area pegunungan 30 km dari Medellin, Senin pagi sekitar pukul 10.15 waktu setempat. Kabarnya pesawat yang terbang dari Santa Cruz di Bolivia itu jatuh karena kekurangan bahan bakar.

Pesawat itu sendiri mengangkut skuat Chapecoense yang akan bertolak ke kota Medellin di Kolombia untuk melakoni laga leg pertama final Copa Sudamericana melawan Atletico Nacional. Nyaris semua penumpang di pesawat nahas itu meninggal dunia. Namun ajaibnya masih beberapa orang yang hidup setelah pesawat jatuh.

Menurut keterangan dari pihak otoritas penerbangan Kolombia, yang dilansir oleh Daily Mail, Selain Alan, dua pemain Chapecoense yakni Jakson Follman dan Zampier Neto juga selamat. Lalu ada pula dua awak kabin plus satu jurnalis.

Atletico Nacional sebelumnya sudah meminta Conmebol agar menyerahkan gelar juara Copa Sudamericana pada Chapecoense. Kini, aksi simpatik juga datang dari sesama klub di Brasil.

Klub-klub di negara tersebut, seperti Sao Paulo, Corinthians, Santos dan Palmeiras telah berembuk dan menghasilkan dua poin kesepakatan untuk membantu Chapecoense.

1. Chapecoense tak akan dipungut biaya apapun saat meminjam pemain dari klub-klub Brasil untuk musim 2017 mendatang. Hal ini dilakukan demi membantu Chapecoense membangun ulang timnya.

2. Chapecoense akan diberi hak khusus. Selama tiga tahun ke depan, mereka akan dibebaskan dari jerat degradasi dan akan terus bertahan di kompetisi Serie A Brasil.

Saat ini, skuat Chapecoense menyisakan 12 pemain saja. Sembilan di antaranya selamat karena tak ikut terbang sementara tiga orang berhasil selamat dari kecelakaan maut tersebut.

KOMENTAR

Triplematch Shopee Liga 1 2020 di Indosiar