BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Copa America 2021, Empat Bintang Akan Pensiun

01-07-2021 20:54 | Afdholud Dzikry

4 Pemain akan pensiun setelah Copa America 2021? (c) Bola/Adreanus Titus
4 Pemain akan pensiun setelah Copa America 2021? (c) Bola/Adreanus Titus

Bola.net - Setelah dua kali terhempas di pemuncak Copa America, wajar bila Lionel Messi bersumpah bahwa perhelatan 2021 ini adalah Copa America yang terakhir untuknya. Sang kapten Timnas Argentina itu menyatakan akan pensiun dari gelaran serupa namun masih menimbang untuk menjajal satu Piala Dunia lagi

Kepada El Tiempo, Messi juga berharap tiga koleganya dari Uruguay dan Brasil ---yang juga berniat tampil untuk terakhir kalinya di Copa America--- bisa menampilkan yang terbaik dalam kejuaraan paling elite di Benua Amerika ini. Ketiga nama yang dimaksud adalah Edinson Cavani dan Luis Suarez (Uruguay) dan Thiago Silva (Brasil).

Berbeda dengan Messi yang masih nirgelar di turnamen ini, Cavani dan Suarez justru bakal menjalani Copa America terakhirnya dengan mengantongi setidaknya satu kenangan manis. Sebagai negara yang meraih gelar terbanyak di kejuaraan ini, 15 trofi, wajar bila La Celeste memiliki sederet pemain top yang pernah mengenyam copa. Bersama Cavani, Suarez telah berhasil membawa Uruguay juara pada 2011

Pada gelaran sepuluh tahun silam itu Suarez membukukan empat gol dan dua assist dan dinobatkan sebagai pemain terbaik di sepanjang turnamen. Produktivitas Suarez tidak membawanya menjadi top goal scorer karena saat itu Paolo Guerrero (Peru) mencetak satu gol lebih banyak.

1 dari 1 halaman

Hitam-Putih Thiago Silva

Thiago Silva, Brasil (c) AP Photo
Thiago Silva, Brasil (c) AP Photo

Kontras dengan kisah manis Suarez bersama Uruguay, pada sisi lain Thiago Silva justru sempat membuka lembaran hitam layaknya Messi di Copa America. Pada 2015, pilar belakang Seleccao itu justru menjadi penyebab tersingkirnya Brasil dari turnamen karena handball dalam kotak penalti saat menghadapi Paraguay (1-1). Pada adu tendangan penalti skuat Samba pun kalah dan Silva menangis haru tanpa henti meski terus dihibur Carlos Dunga yang saat itu dipercaya melatih timnas.

Kisah hitam pun berganti putih ketika dua tahun lalu Thiago Silva berhasil menghantar Brasil meraih trofi. Saat tampil di final menghadapi Peru pada Copa America 2019 dirinya berjanji akan berlari mengitari Stadion Maracana hingga kehabisan nafas bila Brasil menjadi juara. Seleccao pun unggul 3-1 atas Peru dan Silva memenuhi janjinya hingga terkapar kelelahan dan digotong beramai-ramai oleh rekan setim yang penuh tawa ke ruang ganti.

Terlalu dini untuk kini kita menebak siapa dari keempat legenda Copa America ini yang bisa menutup lembaran karirnya dalam Copa America 2021 sebagai juara. Pastinya, kiprah kesuksesan mereka akan terekam dalam episode yang relatif sepi lantaran dilakukan di tengah stadion yang minim penonton dalam era pandemi ini. Semangat!

KOMENTAR