home-13 BERITA |    JADWAL |    KLASEMEN |    LAINNYA

Daniel Agger
Daniel Agger Nama Lengkap : Daniel Agger
Tempat Lahir : Hvidovre, Denmark
Tanggal Lahir : 1984-12-12
Kebangsaan : 168
Posisi : 2
Bermain di Klub : 9

Daniel Munthe Agger adalah nama lengkap pemain yang akrab disapa Agger ini. Daniel Agger adalah seorang pemain berkebangsaan Denmark yang bermain untuk klub Liverpool dan berposisi sebagai bek tengah.

Sebelum bermain untuk Liverpool, pria yang lahir pada 12 Desember 1984 ini bermain untuk klub Denmark, Brøndby IF. Di skuad muda Brøndby IF jugalah Agger memulai karir usia mudanya. Agger berada di akademi muda Brøndby IF mulai dari tahun 1996 sampai dengan 2004.

Ia dipanggil masuk ke skuad utama Brøndby IF pada tahun 2004. Agger dipanggil menyusul kepergian bek utama asal Swedia, Andreas Jakobsson. Tidak butuh waktu lama bagi Agger untuk merangsek naik ke skuad utama karena memang sejak awal ia sudah diproyeksikan untuk menjadi pengganti Jakobsson.

Bersama Brøndby IF, Agger berhasil mengantarkan klub menjuarai Danish Superliga dan Danish Cup. Selama rentang waktu 2004 sampai 2006 Agger membela Brøndby IF, ia mencatatkan 49 laga di segala ajang dan mencetak 5 gol. Ia pun juga hanya menjalani setengah musim pada 2005-2006.

Saat di Brøndby IF, Agger sudah mendapatkan panggilan membela timnas Denmark setelah musim pertamanya yang gemilang. Pertandingan debutnya terjadi pada 2 Juni 2005 saat Denmark mengalahkan Finlandia 1-0 di sebuah laa persahabatan. Bahkan ia menjadi momok bagi striker Inggris, Wayne Rooney saat Inggris dikalahkan Denmark 4-1 pada 17 Agustus 2005.

Meskipun mengalami cedera pada September yang memaksanya absen di sisa tahun 2005, Agger berhasil menyabet penghargaan Danish "talent of the year" pada 6 Desember 2005. Karena prestasinya inilah, klub-klub besar Eropa mulai melirik jasanya. Sempat dihubung-hubungkan dengan beberapa klub, Agger akhirnya berlabuh di Liverpool pada bursa transfer Januari 2006.

Kontrak 4½ tahun Agger senilai 6 juta Pounsterling merupakan rekor terbesar penjualan klub sepanjang sejarah. Pada tahun yang sama, Agger juga mendapat panggilan untuk membela timnas Denmark U-21 yang berlaga di Euro U-21 2006. Ia berhasil mencetak 3 gol dari 10 laganya bersama timnas U-21.

Di musim pertamanya berseragam The Reds, Agger harus bersaing dengan bek senior sekaligus wakil-kapten Liverpool, Jamie Carragher, serta mantan kapten tim Finlandia, Sami Hyypiä. Agger berhasil mencetak gol pertamanya untuk Liverpool pada 26 Agustus 2006. Golnya tersebut juga menjadi gol terbaik Premier League musim tersebut. Penghargaan PFA dari fan juga berhasil ia raih.

Pada musim selanjutnya, musim 2007-2008 bukanlah menjadi musim yang sukses bagi Agger. Sempat mengalami cedera metatarsal pada September, Agger kehilangan posisinya pada Hyypiä. Sempat kembali latihan, cederanya kambuh lagi dan memaksanya absen di sisa musim.

Saat kembali pada 2008-2009, Agger merasa bahwa ia seperti memulai karirnya di Liverpool dari awal. Sempat dikabarkan terjadi percekcokan mulut antara Agger dan pelatih Liverpool saat itu, Rafael Benítez. Namun hal itu segera dibantahnya. Performanya juga sempat naik turun pada musim tersebut.

Agger yang baru saja menandatangani kontrak baru 5 tahun pada Mei 2009, menjalani operasi punggung kambuhan pada Agustus 2009. Paska cedera, Agger berhasil membukukan laga ke-100 bersama Liverpool saat menang melawan Blackburn Rovers. Gol ketujuhnya juga ia cetak pada musim yang sama.

Di atas lapangan, Agger menjalin kerjasama yang cukup solid bersama rekan setimnya, Martin Škrtel. Ia dianggap sebagai salah satu bek terbaik Premier League karena performanya di musim 2011-2012. Meskipun sempat kurang menjadi pilihan saat di bawah asuhan Roy Hodgson, ia kembali menjadi pilihan di bawah kepelatihan Kenny Dalglish dan pelatih saat ini, Brendan Rodgers. Saat ini pun ia juga menjabat sebagai wakil kapten setelah Jamie Carragher pensiun.

Di luar lapangan, Agger juga merupakan sosok yang sangat peduli. Ia membentuk The Agger Foundation pada 2012 untuk membantu anak-anak yang membutuhkan. Selain berjiwa sosial, Agger juga berjiwa seni tinggi karena ia merupakan artis tato yang berlisensi. Agger juga menawarkan pembuatan tato gratis pada seluruh anggota skuad Liverpool apabila berhasil menjuarai Premier League. Agger sendiri juga memiliki beberapa tato di beberapa bagian tubuhnya.


     
Oleh: Faris Faishal

Back to PROFIL PEMAIN