home-13 BERITA |    JADWAL |    KLASEMEN |    LAINNYA
Review: Belanda Masih Terlalu Perkasa Bagi Rumania
27-03-2013 04:39
Review: Belanda Masih Terlalu Perkasa Bagi Rumania
Tim nasional Belanda. (c) AFP
Bola.net - Belanda benar-benar tampil perkasa kala menjamu Rumania pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014 grup D zona Eropa di Amsterdam Arena. Terbukti Tim Oranje ini sukses menghajar tamunya dengan skor 4-0.

Tampil di depan pendukungnya sendiri jelas membuat Belanda tampil semakin percaya diri. Tak ayal empat gol pun bersarang di gawang tim tamu yang masing-masing dicetak oleh Rafael van der Vaart, Jeremain Lens dan sepasang gol dari Robin van Persie.

Di babak pertama Belanda bermain sangat rapi baik saat menyerang maupun bertahan. Selain itu, anak asuh Louis van Gaal juga mampu mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola yang lebih baik dari Rumania.

Bahkan tuan rumah pun sudah mampu unggul terlebih dahulu pada menit 12. Ialah Van der Vaart yang dengan sempurna memanfaatkan assist Robin van Persie untuk menaklukkan kiper Costel Pantilimon.

Unggul satu gol membuat Belanda semakin gencar melakukan serangan melalui aksi menawan Lens yang memudahkan para pemain depan Tim Oranje merangsek masuk ke dalam kotak 16 Rumania.

Di sisi lain, Rumania sendiri hampir tidak memiliki peluang berarti. Hanya peluang Adrian Poparadu yang sedikit memberikan ancaman kepada tuan rumah namun sayang peluang tersebut masih terlalu mudah bagi kiper Kenneth Vermeer.

Babak kedua Belanda tampil semakin mendominasi. Terbukti, pada menit 56 tuan rumah mampu menggandakan keunggulan. Aksi Robben yang sukses melewati dua pemain Rumania diakhiri dengan umpan terukur kepada Van Persie yang dengan sempurna menceploskan bola ke gawang Pantilimon untuk kali kedua.

Pada menit 65 Belanda semakin menjauh dari tamunya. Van Persie kembali menjadi aktor terciptanya gol Tim Oranje setelah tanpa kesalahan menjalankan tugasnya menjadi eksekutor sepakan 12 pas. Wasit sendiri menunjuk titik putih setelah bek Rumania, Gardos menjatuhkan Lens yang mencoba menerobos masuk ke dalam area terlarang mereka.

Unggul tiga gol nampaknya membuat Belanda sedikit mengendurkan serangan. Bahkan Van Gaal memilih untuk mengistirahatkan dua pencetak gol mereka, Van der Vaart dan RVP, guna digantikan oleh Jordy Clasie dan Siem de Jong.

Meski begitu, hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk menambah koleksi golnya pada pertandingan tersebut. Kali ini giliran Lens yang memperbesar keunggulan timnya usai memanfaatkan bola rebound hasil tembakan Adam Maher. Lens sendiri memang tampil luar biasa sepanjang 90 menit pertandingan.

Kemenangan tersebut sekaligus menasbihkan Belanda sebagai pemuncak grup D dengan 18 poin unggul tujuh poin atas peringkat kedua Hungaria. Selain itu hasil tersebut juga semakin memperpanjang rekor clean sheet Belanda saat bermain di kandang sejak 13 Oktober 2004.

Susunan pemain kedua tim:

Belanda: Vermeer, Martins Indi (kuning 46'), Janmaat, de Vrij, Blind (kuning 61'), Robben, de Guzman (Maher 74'), Strootman, van der Vaart (Clasie 80'), Lens, van Persie (Siem de Jong 86').

Rumania: Pantilimon, Gardos, Rat, Chiriches, Tamas, Bourceanu, Popa (Torje 63'), Tanase (Mihaita 60'), Pintilii, Stancu, Grozav (Mutu 68').

Statistik:

Penguasaan bola: 85% - 15%

Shots(on goal): 6(4) - 3(4)

Sepak pojok: 1 - 1

Offside: 1 - 0

Pelanggran: 12 - 8

Kartu kuning: 2 - 1

Kartu merah: 0 - 0. (bola/bgn)

SHARE: Facebook | Twitter


KOMENTAR