home-13 BERITA |    JADWAL |    KLASEMEN |    LAINNYA
Timnas SEA Games 2013 Jalani Persiapan Panjang
25-03-2012 23:16
Timnas SEA Games 2013 Jalani Persiapan Panjang
Bob Hippy (c) Bola.net
Bola.net - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dibawah pimpinan Djohar Arifin Husin terus mempersiapkan rangkaian pembentukan tim nasional Indonesia proyeksi SEA Games di Myanmar pada 2013.

 

Terlebih, PSSI mematok medali emas dalam ajang tersebut. Tak ayal, keseriusan mempersiapkan skuad Garuda Muda seolah menjadi garansi terealisasinya target tersebut.

Tak tanggung-tanggung, PSSI akan melakukan penyeleksian pemain dengan rentang waktu yang relatif panjang. Diperkirakan, seleksi pemain Timnas U-23 akan berakhir pada tahun 2013 ke depan.

 

“PSSI akan mencari pemain terbaik dengan melakukan road show guna menyeleksi pemain ke sejumlah klub di Indonesia. Itu karena kami ingin memiliki tim yang benar-benar solid dan kompetitif. Seleksi baru akan berakhir tiga bulan sebelum pelaksanaan SEA Games," katanya Koordinator tim nasional Indonesia, Bob Hippy, kepada Bola.net.

Setelah tahap penyeleksian selesai, para pemain akan dijadwalkan menjalani Training Centre/pemusatan latihan (TC) dan melakukan serangkaian ujicoba internasional.

 

Beberapa negara telah disiapkan dalam laga ujicoba tersebut seperti Korea, Jepang, China dan Australia yang diketahui telah menawarkan diri untuk bertanding melawan Indonesia.

Untuk menambah jumlah pemain yang akan diseleksi, tidak menutup kemungkinan PSSI juga akan mencari pemain dari Divisi II dan Divisi I. Selain itu, para pemain yang akan bermain diajang kualifikasi Piala Asia U-22 juga menjadi incaran PSSI.

Terdekat, Bob mengutarakan, Timnas akan mencoba kekuatan tim Persijap Jepara pada 29 Maret mendatang, di Stadion Bumi Kartini, Jepara. Dalam laga uji coba itu, Timnas dipastikan akan diperkuat pemain-pemain U-23 yang sebelumnya telah tergabung di Timnas.

“Ini pertandingan ekshibisi, tapi fungsinya juga sebagai bagian dari pra-seleksi. Jika memang ada yang bagus, nanti bisa dipanggil untuk mengikuti seleksi,” tuturnya.

Karena itu, pemain yang nanti dibawa saat menghadapi Persijap bukan lagi tim yang dibawa ke Palangkaraya, dimana Timnas terdiri dari pemain U-17, U-21, U-23, dan senior.

“Yang berangkat murni pemain U-23, ada juga beberapa pemain yang akan dibawa seleksi,” terangnya.

Bob kembali menjelaskan, setelah Jepara, kota yang akan dikunjungi selanjutnya adalah Bantul. Namun, dia belum bisa memastikan jadwal dan tim yang dihadapi.

“Selanjutnya akan dibicarakan lagi. Rencananya nanti akan ada kota lainnya setelah Persijap ini,” papar anggota Komite Eksekutif PSSI tersebut.

Saat disinggung tentang kekhawatiran kualitas para penggawa Timnas yang hanya akan dipilih dari tim kompetisi Indonesian Premier League (IPL), Bob memberikan jawaban lugas. Dia menjelaskan jika saat ini masih berusaha agar bisa menyertakan pemain Indonesia Super League (ISL) untuk mengikuti seleksi.

Alasannya, Kongres Tahunan PSSI telah mengakui ISL dengan persyaratan yang diberikan. Sehingga, selagi proses untuk merangkul klub ISL berjalan, dia ingin pemain juga bisa ikut seleksi agar pembentukan kerangka tim tidak terlalu terhambat seandainya kata sepakat terwujud.

Program tersebut dibuat sebagai salah satu langkah konkrit PSSI agar Timnas bisa meraih target juara di SEA Games Myanmar.

“Kalau dipersiapkan lebih panjang, kami optimis tim akan matang. Ini demi memenuhi target yang dicanangkan,” tandas mantan pemain Nasional tersebut.

 

Sementara itu, pelatih yang ditunjuk menangani timnas U-21 dan U-22 Widodo C Putro menambahkan, fokus utama Indonesia terletak pada persiapan SEA Games 2013. termasuk, kualifikasi Piala Asia U-22 bertujuan sebagai jembatan dalam memilih pemain dan pemanasan untuk SEA Games.

"Dari rapat bersama jajaran pengurus dan manajemen Timnas, saat ini fokus kami di SEA Games. AFC U-22 hanya sasaran antara untuk memperkuat tim yang akan dibawa ke SEA Games ini," ujar Widodo yang juga ditunjuk sebagai asisten pelatih Aji Santoso(esa/Rev)

SHARE: Facebook | Twitter


KOMENTAR